Thursday, July 18, 2013

Greenpreneurship Challenge 2013

INFO LOMBA | Lomba 2013 | Update Setiap Hari
Tempatnya info lomba 2013, kompetisi, beasiswa, dan seminar update setiap hari
thumbnail Greenpreneurship Challenge 2013
Jul 18th 2013, 07:00, by Raden Diky Dermawan

Deadline: 1 Agustus 2013

Deskripsi Kegiatan:
Kebutuhan akan adanya bisnis yang mengusung prinsip ramah lingkungan menjadi semakin mendesak dikarenakan maraknya eksploitasi terhadap lingkungan yang dilakukan untuk sekedar memperoleh keuntungan materi semata tanpa menyadari pentingnya kelestarian lingkungan untuk generasi di masa kini dan di masa mendatang. Hal ini perlu diperhatikan demi menjaga keselamatan bumi kita sembari mendukung perkembangan perekonomian negara yang akan semakin membaik melalui peningkatan jumlah entrepreneurs-nya.
Berdasarkan hal tersebut, Youth Desk-Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO dengan bangga mempersembahkan sebuah penyelenggaraan Sustainable Development Business Competition-Greenpreneurship Challenge 2013 yang bertemakan "Switch Your Business into Green!".
Kompetisi bisnis ramah lingkungan yang merupakan ajang inovasi dan kreasi para entrepreneurs muda Indonesia ini dikemas dalam serangkaian tahapan kegiatan acara puncak Greenpreneurship Challenge 2013 akan berlangsung pada tanggal 2-7 September 2013, dimana 10 besar fInalis terbaik akan dipilih untuk mengikuti acara puncak tersebut di Jakarta. Serangkaian kegiatan acara puncak Challenge 2013 tersebut adalah presentasi proposal bisnis oleh 10 besar finalis di hadapan para dewan juri, training mengenai bisnis hijau, Company Visit ke PT. Coca-Cola Amatil Indonesia, serta expo yang merupakan pameran produk para 10 Besar Finalis dan para pemenang lomba Greenpreneurship Challenge 2013 lainnya.

Penyelenggara: YOUTH DESK – Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO

Syarat Peserta Lomba:
  1. Warga Negara Indonesia, berusia 15-30 tahun terhitung pada tanggal 1 Juli 2013. Dibuktikan dengan KTP/Kartu Pelajar/bukti lain.
  2. Peserta bersifat individual. Apabila usaha milik bersama, harap menunjuk satu perwakilan untuk mengikuti lomba, dengan jumlah maksimal tiga orang untuk tiap satu usaha.
  3. Memiliki usaha yang telah dijalankan minimal 3 bulan terakhir terhitung sejak tanggal 1 Juni 2013.
  4. Mengirimkan Surat Izin Usaha Perdagangan atau surat resmi lainnya yang menunjukkan bukti usaha bagi yang  sudah memilikinya.
  5. Bersedia mengikuti acara puncak di Jakarta pada tanggal 2-7  September 2013 bila terpilih sebagai finalis.
  6. Peserta mengirimkan formulir pendaftaran dalam bentuk hardcopy.
  7. Melampirkan proposal lomba yang berisi: a) Deskripsi usaha yang sedang dijalankan yang mencantumkan aspek produksi, penjualan, pemasaran, sumberdaya, dll. b)  Deskripsi Green Solution Plan. Deskripsi ini harus bisa menjelaskan rencana yang akan dilaksanakan peserta terhadap usahanya apabila mendapatkan hadiah berupa dana sejumlah IDR 10.000.000. Hadiah peserta dipergunakan sebagai "switch cost" untuk mewujudkan Green Solution Plan.
  8. Proposal diketik menggunakan Microsoft Word, dengan ketentuan font Times New Roman 12pt, 1.5 Spasi. Diperbolehkan menggunakan foto dan gambar yang dilampirkan di dalam proposal. Total halaman proposal tidak boleh lebih dari 30 halaman.
  9. Tanggal pengumpulan 1 Juli 2013 – 1 Agustus 2013 (cap pos) ke Kantor UNESCO Youth Desk – Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO d/a Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Gedung C Lantai 17 Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta 10002.


Ketentuan Deskripsi Green Solution Plan:
  1. Menceritakan latar belakang Green Solution Plan usaha Anda – maksimal 800 kata.
  2. Menceritakan alasan mengikuti acara Greenpreneurship Challenge 2013 –maksimal 800 kata.
  3. Isi dari deskripsi harus mengangkat minimal satu isu dari UN Global Compact, yaitu: a) Krisis dan pencemaran air bersih. b) Berkurangnya keanekaragaman hayati. c) Perusakan ekosistem jangka panjang. d) Polusi udara e) Produksi dan pembuangan limbah f) Dampak penggunaan zat kimia dan pembuangan racun sisa produksi g) Degradasi tanah dan deforestasi
  4. Isu dari UN Global Compact harus diterapkan pada salah satu dari aspek: a) Energi. b) Limbah. c) Produk. d) Produksi
  5. Berisi keperluan yang dibutuhkan seperti dana, sumberdaya manusia, fasilitas, kelompok yang dilibatkan, dan keperluan lainnya. Pastikan bahwa semua yang diperlukan berada dalam jangkauan Anda.
  6. Mencantumkan struktur keuangan usaha Anda saat ini dan simulasi struktur keuangan seandainya Anda memenangkan kompetisi ini dan memperoleh tambahan modal sebanyak IDR 10.000.000 sesuai dengan Green Solution Plan Anda.

Hadiah dan Penghargaan:
Total hadiah sebesar  IDR 30.000.000 untuk 3 orang pemenang, dengan akomodasi selama peserta berada di Jakarta ditanggung oleh panitia Greenpreneurship Challenge 2013.

Informasi:
Stefany Lolyta - 085766283540
Perdana Putri - 085265529444
Facebook: Greenpreneurship Challenge
Twitter: @GreenPChallenge

NB ! Silahkan Copy paste, dengan tetap mencantumkan sumber ke info-lomba.com juga. Trims :-) Follow twitter kami: @infolomba_indo [embedded content]

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions